Selasa, 27 Desember 2016

PERTEMUAN_11

METODE DESAIN (2)

Tujuan Metode Desain :
  1.  Menjelaskan maksud dari arsitektur PL dan kenapa sangat penting. 
  2. Memhami model data, struktur data, database, data warehouse, desain data pada level komponen.
Pokok Bahasan Dalam RPL :
  1. Desain Interface
  2. Desain Interface Manusia – Mesin
  3. Desain Prosedural
  4. Coding
Pengertian Desain Interface :
Desain Antarmuka atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Design Interface adalah desain untuk komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat lunak, dan situs web yang berfokus pada pengalaman dan interaksi penggunanya.

Tujuan dari penggunaan design interface ini adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin. Bagaimana user berinteraksi dengan computer menggunakan tampilan antarmuka (interface) yang ada pada layar komputer.

Design Interface ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada user dalam menggunakan atau berkomunikasi dengan komputer. Apabila suatu program sulit untuk digunakan, maka hal ini akan memaksa user untuk melakukan suatu kesalahan saat menggunakan program tersebut.

Pengertian Desain Interface Manusia-Mesin :
Ada empat model yang berbeda pada saat manusia-komputer/ human-komputer interface (HCL) akan didesain. Perekayasa perangkat lunak menciptakan sebuah model desain, perekayasa perangkat lunak membangun model pemakai, pemakai akhir mengembangkan citra mental yang sering disebut user’s model atau perception, dan implementer sistem menciptakan system image.

Model desain dari keseluruhan sistem menggabungkan data, arsitektur, interface, dan representasi prosedural dari perangkat lunak.



Model pemakai menggambarkan profil para pemakai akhir dari sistem. Untuk membangun interface pemakai yang efektif, semua desain harus dimulai dengan suatu pemahaman terhadap pemakai yang dimaksudkan, meliputi profil, usia, jenis kelamin.


Para pemakai juga dapat dikategorikan sebagai :
  1. Orang baru 
  2. Pemakai intermiten yang banyak pengetahuan 
  3. Pemakai yang banyak pengetahuan dan sering 
Persepsi sistem (model pemakai) merupakan citra sistem yang ada dikepala seorang pemakai akhir. Sebgai contoh, bila pemakai pengelola kata tersebut, persepsi sistem akan menuntun respon tersebut.
Citra sistem merangkai manifestasi bagian luar dari sistem berbasis computer (tampilan luar dan “rasa” interface), dengan semua informasi yang mendukung (buku-buku, manual, pita video) yang menggambarkan sintaksis dan semantik sistem.

Pengertian Desain Prosedural :
Tujuan: untuk menetapkan detail algoritma yang akan dinyatakan dalam suatu bahasa tertentu.
Desain prosedural dilakukan setelah diselesaikannya perancangan desain data, arsitektur, dan antar muka software.

Coding :
Pertimbangan Coding Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam pelaksanaan coding :
  1. Rancangan yang dihasilkan seberapa mudah menerjemahkan ke dalam bahasa pemograman
  2. Efisiensi Komputer (kecepatan dan kebutuhan memori)
  3. Keberadaan tool-tool pengembangan
  4. Kemudahan untuk dipelihara/dirawat
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar